ANTALALAI .COM | ISLAMIC WEB PAGE | IN INDONESIA
quran hadits fiqih tajwid sejarah kisah doa sedekah artikel fadhilah buku


  1. Memanfaatkan waktu-waktu yang diberkahi seperti hari Arafah, bulan Ramadhan hari Jum’at dan waktu sahur
  2. Memanfaatkan kondisi-kondisi yang utama, seperti pada saat sujud, saat bertemunya dua pasukan, turun hujan, dan waktu antara azan dan iqamah. Abu Hurairah ra. merwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:
  3. “Kondisi seorang hamba yang paling dekat dengan Rabb-nya adalah pada saat ia sujud, maka perbanyaklah doa (pada saat sujud.

  4. Menghadap kiblat dengan mengangkat kedu atangan hingga terlihat putihny akedua ketiak. Jabir bin Abdulah ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah ketika wukuf di Arafah beliau menghadap kiblat sembari berdoa hingga matahari terbenam.
  5. Merendahkan suara; antara mengeraskan dan membatin. Adab ini berdasarkan riwayat Abu Musa al-Asy’ari ra yagn berkata, “Kami pergi bersama Rasulullah Saw. ketika kami mendekati Madinah beliau bertakbir dan orang-orang juga bertakbir dengan mengeraskan suara, maka nabi Saw. bersabda:
  6. “Wahai manusia, sesungguhnya yang kalian seru tidaklah tuli dan tidak pula tiada. Sesungguhnya Zat yang kalian seru (sedekah) antara kalian dan leher unta kalian”

  7. Tidak memaksakan diri dengan kalimat-kalimat sajak. Seyogyaya orang berdoa dengan keadaan merendahkan diri, dan memaksakan diri melantunkan kalimat-kalimat sajak bukan bagian dari sikap merendahkan diri Allah Ta’ala berfirman:
  8. “Berdoalah kepada Rabbmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang melampauai batas” (AL-A’raf: 55)

  9. Merendahkan diri, kusuk, takut dan inta. Allah Ta’ala berfirman :
  10. “Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam mengerjakan perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada kami (Al-Anbiya : 90)

  11. Memantapkan permohonan dan meyakini akan dijabahi doaya serta jujur dalam berdoa. Abu Hurairah ra. meriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda:
  12. “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakn akan dikabulkan dan ketahuilah bahwa Allah tdak mengabulkan doa dari hati yang lalai.

  13. Terus menerus dalam berdoa dan mengulang-ulang minimal tiga kali setiap berdoa serta tida merasa bosan untuk mengharap agar dikabulkan. Ibu Mas’ud ra. berkata, “Rasulullah Saw. bila berdoa, beiau berdoa dengan mengulang tiga kali; dan bila meminta, beliau meminta tiga kali.
  14. Mengawali doa dengan nzikir kepada Allah SWt. Tidak memulai dengan permintaan . setelah memuji Allah Ta’ala dan menyanjungNya, baru kemudian membaca shalawat kepada Rasululah saw. demikian pula ketika mengakhiri doa.
  15. Bertobat dan mendekatkan diri kepada Allah serta mengembalikan hakk orang lain yang pernah ia zalimi

















 Antalalai | DOA Adab Berdoa