ANTALALAI .COM | ISLAMIC WEB PAGE | IN INDONESIA
quran hadits fiqih tajwid sejarah kisah doa sedekah artikel fadhilah buku


Diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa Abu Bakar datang kepada kami seraya berkata, "Saya mendengar Rasulullah berdoa dan mengajarkan kepadaku." Saya bertanya, "Doa apa itu?" Beliau menjawab, "Dahulu Nabi Isa mengajarkan doa tersebut kepada pengikutnya, beliau bersabda, "Jikalau salah seorang dari kalian memiliki utang segunung emas, lalu berdoa kepada Allah dengan doa ini, niscaya Dia akan membebaskannya dari utang:

اللَّهُمَّ فَارِجُ الْهَمِّ، وَكَاشِفُ الْغَمِّ, وَمُجِيْبُ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّيْنَ، رَحْمَاُن الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيْمُهُمَا أَنْتَ تَرْحَمُنَا فَارْحَمْنِي بِرَحْمَةِ تُغْنِيْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكُ

Allahumma farijul hammi, wa kasyiful hammi, wa mujibu dawatal mudhtharrina, rahmaanud dunya wal akhirati warahimuhuma anta tarhamuna farhamni birahmati tughnini biha an rahmati man siwaka.

Ya Allah, Zat yang menghapus segala kesusahan, penghilang kesulitan, pengabul doa orang yang kesempitan, penyayang dunia dan akhirat, Engkau yang merahmati kami, maka rahmatilah saya dengan rahmat yang membebaskan saya dari kasih sayang selain Engkau.

Abu Bakar berkata, "Maka saya berdoa dengan lafal tersebut, maka Allah memberikan kepadaku manfaat dan membebaskan utangku."

Aisyah menambahkan, "Saya pun berdoa dengan lafal tersebut, tidaklah saya hidup kecuali Allah memberikan kemudahan bagiku. Hingga Allah memberikan rezeki kepadaku dan tidak menerima sedekah dari orang lain, tidak ada harta warisan yang saya terima. Allah telah melepaskan utangku. Saya membagikannya kepada keluargaku dengan pembagian yang baik. Saya memberikan perhiasan kepada putri Abdurrahman dengan tiga uqiyah perak. Allah telah memberikan kelebihan kepada kami dengan kelebihan yang baik

















 Antalalai | DOA Terbebas dari Hutang