quran hadits fiqih tajwid sejarah kisah



Manfaat Medis Puasa


MANFAAT MEDIS PUASA

Menurut Penelitian H. Lutzner dalam bukunya Kembali Menuju Kehidupan yang Sehat Berkat Puasa:

1. Puasa memberikan masa istirahat kepada tubh untuk memperbaiki fungsi metabolismenya dan mengembalikan zat-zat yagn dibutuhkannya.

2. Puasa menghentikan kerja sistem pencernaan dan membuang sisa-sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh, yang jika terlalu lama berada dalam tubuh dapat berubah menjadi toksin yang berbahaya. Puasa juga merupakan satu-satunya cara paling efektik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Puasa dapat meningkatkan kinerja dan fungsi sekreasi sehingga berbagai zat dan materi yang dibutuhkan tubuh tidak keluar bersama sisa-sisa metabolisme. Materi dan zat yang penting itu akan didistribusikan ke seluruh bagian tubuh.

4. Puasa dapat mengeluarkan berbagai materi yagn berlebihan dalam tubuh dan berbagai zat lain yang mengendap pada pembuluh darah orang yang sakit.

5. Puasa dapat memperbarui sel-sel tubuh dan berbagai sistem metabolismenya sehingga menjadi lebih kuat. Bahkan, salah seorang peneliti, Morgulis, mengatakan bahwa puasa dapat menjaga seluruh anggota tubuh tetap sehat dan awet muda.

6. Puasa akan menjaga kekuatan tubuh dan melancarkan distribusi segala zat yang dibutuhkan tubuh

7. Puasa memperbaiki fungsi pencernaan, mempermudah proses pencernaan dan distribusi makanan, serta memperbaiki fungsi sekresi

8. Puasa akan meningkatkan keuatan memori dan menguatkan akal

9. Puasa akan menyehatkan kulit, sebagaimana yang dilakukan lotion kecantikan, puasa dapat memperbagus dan memperhalus kulit.

10. Puasa memiliki efek penyembuhan yang sangat besar tanpa efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Puasa dapat meringankan bahkan menyembuhkan berbagai penyakit yang sering kali menyerang manusia modern, terutama penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.







FIQIH

HADITS

KISAH

ARTIKEL



Antalalai | Manfaat Medis Puasa