ANTALALAI .COM | ISLAMIC WEB PAGE | IN INDONESIA
quran hadits fiqih tajwid sejarah kisah doa sedekah artikel fadhilah buku




"Ceritakanlah kepada merek akisah kedua putra Adam (Qabil dan Habil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan qurban, maka diterima dari salah seorang mereka berdua (Habil) dan tidak diterima yang lain (Qabil)."

Dari kisah yang dapat dijumpai, para ahli tafsir menyatakan bahwa peristiwa qurban yang dilakukan dua bersaudara dari putra Adam AS adalah merupakan solusi dari polemik perang dingin yagn terjadi antara keduanya dalam mempersunting wanita cantik rupawan bernama iklimah sebagai pasangan hidup.

Ucapan Nabi Adam As. yang bersumber dari wahyu yang disampaikan kepada kedua putranya, seperti dikutip tafsir Ibnu Katsir: "Wahai anakku (Qabil dan Habil) hendaknya masing-masing diantara kalian menyerahkan qurban, maka siap diantara kalian berdua yang qurbannya diterima Allah swt dialah yagn berhak menikahinya (Iklimah)."

Pada akhir kisah disebutkan ternyata qurban yang diterima Allah SWT. Adalah yagn didasarkan atas keikhlasan dan ketaqwaan kepada-Nya, yaitu qurban Habil yagn berupa seekor domba yang besar dan bagus. Sementara qurban Qabil ditolak karena dilakukan atas dasar hasud (kedengkian). Karena kebakhilannya, ia juga memilihkan domba peliharaannya yang kurus untuk diqurbankan.

Qabil yang kalah dalam sayembara qurban akhirnya ia memutuskan untuk membunuh saudaranya sendiri. Peristiwa ini adalah awal kali terjadinya pembunuhan dalam sejarah umat manusia. Patut kita renungkan, mengapa AL-Quran melukiskan Habil sebagai orang yagn lemah? Mengapa ia itdak mau membela diri ketika hendak dibunuh saudaranya? Mengapa pula qurban Habil menyebabkan ia menjadi korban? Sebagian ahli tafsir menyatakan bahwa Habil tidak membla diri karena ia sengaja memilih kematian di tangan saudaranya. Ia ingin memberikan pelajaran kepada umat manusia bahwa pelaku kezaliman dan kedengkian tidak akan pernah menang untuk selama-lamanya. Bahwa sifat dengki dan tamak adalah akar perseturuan dan permusuhan umat manusia di bumi.












 Antalalai | Kisah Cerita Qabil dan Habil Akibat dari Sifat Pendengki