KEUTAMAAN PUASA

Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadits yang menjelaskan bahwasannya Nilai Puasa Ramadhan setengah dari kesabaran. Sementara, Nilai Kesabaran adalah setengah dari keimanan. Maka, Nilai Puasa Ramadhan adalah seperempat dari keimanan

Selain itu, keistimewaan pelaksanaan puasa Ramadhan dibandingkan dengan rukun Islam yang lain adalah Puasa Ramadhan akan langsung dibalas oleh Allah dan terserah Allah seberapa besar balasannya dan bagaimana Allah membalasnya, sementara ibadah yang lain akan dibalas sepuluh kali lipat sampai jumlah yang tak terhingga. Ini berarti Puasa Ramadhan adalah ibadah yang langsung hubungannya dengan Allah SWT.

Keistimewaan atau keutamaan lain dari Puasa Ramadhan adalah Allah menyukai bau mulut orang yang berpuasa lebih disukai oleh Allah dibandingkan dengan minyak wangi misik (kasturi). Minyak wangi mistik adalah minyak wangi paling harum diantara minyak wangi yang ada. Namun, kecintaan Allah terhadap bau mulut orang yang berpuasa tidak terkalahkan akan cintanya pada sesuatu yang paling wangi. Logikanya, bau mulut orang yang berpuasa menurut pandangan manusia adalah bau yang tidak mengenakkan. Hal ini bukan berarti kita tidak membersihkan mulut dengan sikat gigi agar bau mulut kita lebih menyengat. Bau yang tidak enak saja Allah senang, bagaimana kalau bau mulut kita enak di pandangan manusia? pasti Allah lebih menyukai. Jadi, bersihkanlah mulut-mulutmu ketika berpuasa agar Allah lebih menyukai kita.

Keutamaan lainnya adalah terdapat satu pintu yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa. Pintu itu dinamakan dengan Al-Rayyah. Dijanjikan kepada orang-orang yang berpuasa untuk bertemu dengan Allah secara langsung.

Selain itu, orang yang berpuasa akan merasakan dua kegembiraan dalam hatinya yaitu pertama, gembira ketika berbuka dan gembira ketika bertemu dengan Allah di akhirat kelak. Rasulullah pernah bersabda bahwa segala sesuatu terdapat pintunya, dan pintu ibadah adalah puasa. Jadi, manusia yang beriman dihitung telah melakukan ibadah jika ia sudah melaksanakan puasa.