quran hadits fiqih tajwid sejarah kisah doa sedekah





ORANG-ORANG YANG PERTAMA KALI MASUK ISLAM

Dapat dipastikan bahwa Khadijah adalah manusia pertama yang percaya kepada Nabi MUhammad saw. Istri pertama dan tercinta Nabi Muhammad itulahh yang membenarkan, bahkan mendukung beliau sebelum adanya perintah ayat al-Muddatsir. Khadijah ra. pasti orang yang paling mengenal Nabi Muhammad saw., luar dan dalam. Bisa jadi orang luar mengenal seseorang, tetapi pengenalanya tidak seluas orang dalam rumah, apalagi istri. Atas dasar itu, wajar jika dinyatakan bahwa Khadijah ra adalah manusia pertama yang memercayai kenabian Nabi Muhammad saw., disusul oleh Ali bin Abi Thalib, yang juga "orang dalam rumah" sepupu dan anak asuh yang tinggal bersama Nabi. Diriwayatkan bahwa Sayyidina Ali, yang ketika itu berusia sepuluh tahun, menemukan Nabi Muhammad saw. sedang sujud dan ruku' (shalat) bersama Khadijah ra. Dia lalu bertanya terhadap siapa mereka sujud?* Maka Nabi saw pun menyampaikan kepadanya dan mengajakya memeluk Islam. sayyidina Ali ra. meminta waktu untuk bermusyawarah dengan ayahnya, Abu Thalib. Tetapi setelah semalam merenung, keesokan harnya dia memutuskan untuk memeluk Islam tanpa meminta izin dari ayah beliau. Konon dia berkata: "Tuhan menciptakan aku tanpa Dia berunding dengan ayahku Abu Thalib, maka mengapa aku harus bermusyawarah dengannya untuk menyembah Allah yang menciptakan?"

Zaid bin Haritsah, kekasih dan bekas anakangkat eliau termasuk juga orang pertama yang memeluk Islam. Abu Bakar ra. yang merupakan orng di luar keluarg yang memercayai beliau karena ABu Bakar ra. memiliki pandangn jauh, kejernihan hati, dan pikiran. beliau juga dikenal lua soleh masyarakat Jahiliyah, buka saja karena kekayaan, ketampanan, dan penampilannya yang selalu indah, tetapi jug akarena pengetahuannya yang luas, khususnya dalam bidang garis keturunan suku QUraisy. Abu Bakar ra jauh sebelu masa kenabian telah lama bersahabat dengan Nabi, bahkan ada riwayat yang menyatakan bahwa beliau ikut dalam kafilah perdagangan ke Syams bersama Nabi Muhammad saw. Bisa jadi juga Abu Bakar ra. telah mendengar tentang akan hadirnya seorang nabi, yang tinggal di rumah Khadijah menatakan bahwa Muhammad saw. adalah seorang Nabi, Abu Bakar bergegas menemui sahabatnya, Muhammad saw. yang degan tulus pula menyampaikan kepada Abu Bakar apa yang dialaminya di Gua Hira. Abu Bakar langsung saja membenarkan beliau dan bersaksi tentang keesaan Allah dan kerasulan Muhammad saw. Tokoh-tokoh yang disebut di atas merupakan orang-orang pertama yang memeluk Islam.

Sementara ulama berusaha mengompromikan keislaman tokoh-tokoh tersebut di atas dengan merumuskan bahwa: "Wanita pertama yang memeluk Islam adalah Khadijah, orang dewasa perama adalah Abu Bakar, remaja pertama adalah Ali bin Abi Thalib, bekas budak pertama adalah Zaid Ibn Haritsah, sedang Bilal bin Rabah adalah orang pertama adalah Zaid Ibn Haritsah, sedang Bilal bin Rabah adalah orang pertama memeluk Islam dari mereka yang berstatus budak.

Termasuk juga dalam kelompok pertama memeluk Islam adalah putri-putri Nabi, walaupun tidak secepat Khadijah dan Ali ra. karena mereka telah berumah tangga (yakni berada di luar rumah) sehingga mereka tidak secepat orang dalam rumah yang mendengar berita Nabi saw. bahkan boleh jadi mereka mendengarnya, tetapi karena suami mereka tidak percaya, maka mereka pun tidak seera beriman dan Nabi pun ketika itu belum menyampaikan ajaran Islam keluar rumah.

Atas ajakan Abu Bakar ra. tokoh-tokoh lain menyusul, seperti 'Utsman bin Affan, az-Zubair bin al-'Awwam, Abdurahman bin 'Auf, Sa'id bin Abi Waqqash, THalhah bin Abdillah, Ja'far bin Abi Thalib dan beberapa lainnya

Setelah mereka itu, datang kelompok kedua yang memeluk Islam, antara lain Abu 'Ubaidillah, 'Amir Ibn al-Jarrah, Abu Salamah, Abu Dzar al-Ghifari bersama saudaranya Aniis dan Ibu mereka, dan lain-lain.

Ketika jumlah pengikut Nabi telah mencapai sekitar tiga puluh orang Nabi saw. memilih kediaman al-Arqam bin al-Arqam, yang juga telah memeluk Islam, sebagai tempat pertemuan guna memperoleh bimbingan beliau dan juga tempat bagi mereka yang berminat memeluk Islam untuk menyampaikan niatnya kepada Nabi saw.